Selasa, 15 Oktober 2019

Kumpulan Soal-Soal Hots Matematika Smp

berbahaya


Saat ini kita memasuki era digital yg dikenal dengan revolusi industri 4.0, dengan abad 21 ini tantangan lalu persaingan kedepan mau sangat ketat. Terdap[at 4 keterampilan yg diperlukan di abad 21 ini yg dikenal dengan 4C, yaitu communication, collaborative, critical thinking, dan creativity. Penggunaan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebagai instrumen pembelajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan critical thinking peserta didik sebagai salah satu keterampilan yg diperlukan di abad 21.

Pengertian soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) 

Soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) merupakan instumen pengukuran yg digunakan untuk mengukur kemampuan tingkat tinggi lalu bukan hanya sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), alias merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). 

Dalam Taksonomi Bloom yg sedia disempurnakan oleh Anderson & Krathwohl (2011) yg terdiri dari: mengetahui (knowing - C1), memahami (understanding - C2), menerapkan (aplying - C3), menganalisis (analyzing - C4), mengevaluasi (evaluating - C5), lalu mengkreasi (creating - C6) dengan umumnya soal-soal HOTS mengukur ranah C4, C5 lalu C6 yaitu menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating) lalu mengkreasi (creating).


Karakteristik Soal HOTS

Saat ini masih banyak yg beranggapan bahwa soal HOTS adalah soal yg sulit alias menganggap "setiap soal sulit adalah soal HOTS", anggapan tersebut keliru. Untuk bisa membedakan antara soal HOTS lalu soal bukan HOTS, kita perlu mengetahui karakteristik (ciri-ciri) dari soal HOTS, yaitu:
  • Mengukur kemampuan menganalisis, mengevaluasi alias mencipta (C4, C5 alias C6)
  • Berbasis permasalahan kontekstual (berbasis situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari)
  • Tidak algoritmik.
  • Adanya stimulus (dapat berupa gambar, grafik, teks, visualisasi dll)
  • Soal non rutin
  • Membutuhkan pertimbangan lalu interprestasi (soal kompleks)
  • Melibatkan banyak kriteria
  • Memungkinkan jawaban diperoleh dari berbagai sudut pandang

Kumpulan Soal-soal HOTS Matematika SMP/MTs

Berikut ini kami sajikan beberapa soal dengan kriteria HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk mata pelajaran matematika tingkat SMP alias MTs:


Materi : Volume

Soal 1

Fatih mau memasukkan buku-buku yg berukuran sama dalam sebuah kotak berbentuk balok seperti dengan gambar di bawah ini:

Berapa jumlah buku maksimum yg bisa dimasukkan Fatih ke dalam kotak?

Materi : Himpunan

Soal 2

Persentase banyak peserta lomba peragaan busana yg menyukai warna-warna tertentu ditunjukkan dalam tabel di bawah ini.

berbahaya berbahaya berbahaya berbahaya berbahaya berbahaya berbahaya berbahaya berbahaya berbahaya berbahaya berbahaya berbahaya
Warna
Persentase
Merah
75%
Hijau
30%
Warna Lain
10%

Banyak persentase yg menyukai warna merah lalu hijau adalah:
A. 15%
B. 45%
C. 65%
D. 105%

Materi : SPLDV

Soal 3


Bu Ana lalu Pak Budi sedang menyiapkan hadiah untuk lomba Perayaan Hari Kemerdekaan dengan membeli hadiah di toko buku yg sama. Di toko A, Bu Ana membeli 18 buku tulis lalu 15 pensil dengan harga Rp120.000,00, sedangkan pak Budi membeli 12 buku tulis lalu 20 pensil dengan harga Rp100.000,00. Karena masih kekurangan, bu Ana membeli lagi  10 buku tulis lalu 7 pensil dengan membayar Rp61.000,00 lalu pak Budi membeli lagi 9 buku tulis lalu 8 pensil dengan harga Rp60.000,00 di toko buku B. Pernyataan berikut yg benar adalah ....

A. Harga sebuah buku di toko A lebih berbahaya berlebih-lebih dari harga sebuah buku di toko B

B. Harga sebuah buku di toko B lebih mahal dari harga sebuah buku di toko A 

C. Harga sebuah pensil di toko B lebih berbahaya berlebih-lebih dari harga sebuah pensil di toko A 
D. Harga sebuah pensil di toko A lebih mahal dari harga sebuah pensil di toko B

Materi : Bangun Datar

Soal 4

Diketahui sebuah tangga yg terdiri dari 14 anak tangga memiliki total ketinggian 252 cm seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah ini


Berapakah ketinggian masing-masing dari 14 anak tangga tersebut?

Soal 5

Pak Eko mau membuat pagar di sekeliling kebun yg ia miliki dengan bentuk pagar seperti ditunjukkan gambar di bawah ini:


Ia memiliki 4 rancangan, yaitu rancangan A, B, C lalu D untuk pemasangan pagar sebagai berikut

Jika kayu yg dimiliki Pak Eko untuk membuat pagar adalah 32 meter (tidak termasuk untuk tiang pagar), maka rancangan mana saja kah yg bisa ia gunakan?

Materi : Kesebangunan

Soal 6 (UNBK SMP 2020)

Sebuah pohon berada di depan gedung mempunyai tinggi 8 m. Pada saat yg sama bayangan gedung berimpit dengan bayangan pohon seperti tampak dengan gambar di bawah ini.



Tinggi gedung yg sesuai dengan ukuran tersebut adalah ....
A. 5,30 m
B. 6,25 m
C. 10,00 m
D. 12,00 m

Soal 7 (UN SMP 2020)

"Lebar Sungai"
Andi ingin mengetahui lebar sungai. Di seberang sungai terdapat sebuah pohon. Untuk itu dia menancapkan tongkat dengan posisi A, B, C lalu D dengan ukuran seperti dengan gambar.


Andi ingin mengukur lebar sungai dari tongkat D sampai pohon. Berapa lebar sungai tersebut?
A. 11 m
B. 12 m
C. 15 m
D. 16 m

Soal 8 (SN SMP 2020)

Pak Syahebi mempunyai sebidang lahan berbentuk jajargenjang. Sebagian lahan tersebut ditanami sayuran. Disekeliling tanaman sayuran dibuat jalan seperti tampak dengan gambar di bawah. Jika lahan lalu lahan sayuran sebangun, maka luas jalan adalah ....


A. 200 cm
B. 152 cm
C. 150 cm
D. 136 cm



Materi : Peluang

Soal 9 (UN 2020)

Dalam kantong terdapat lima bola berwarna merah diberi nomor 1 sampai 5, empat bola berwarna kuning diberi nomor 6 sampai 9 lalu tiga bola berwarna hijau diberi nomor 10 sampai 12. Sebuah bola diambil secara acak, berbahaya menjengul bola hijau bernomor ganjil lalu tidak dikembalikan. Diambil lagi sebuah bola secara acak, berbahaya menjengul bola kuning bernomor prima lalu tidak dikembalikan. Jika diambil lagi sebuah bola secara acak, peluang terambilnya bola bernomor prima adalah ....
A. $\displaystyle\frac{1}{4}$
B. $\displaystyle\frac{3}{10}$
C. $\displaystyle\frac{4}{10}$
D. $\displaystyle\frac{3}{4}$

Soal 10 (UN 2020)

Doni diperbolehkan ibunya untuk mengambil satu permen dari sebuah kantong. Dia tidak bisa melihat warna permen tersebut. Banyaknya permen dengan masing-masing warna dalam kantong tersebut ditunjukkan dalam grafik berikut




Berapakah peluang Doni mengambil sebuah permen warna merah?
A. 10%
B. 20%
C. 25%
D. 50%

Materi: Pola Bilangan

Soal 11

Tony lalu Mario dua sahabat beda negara. Tony tinggal di Sidney (Australia) lalu Mario tinggal di Berlin (Jerman).  Mereka berkomunikasi melalui chat WhatsApp. Tony mengetahui bahwa Mario hanya diperbolehkan menggunkan smartphone oleh orang tuanya sepulang sekolah, yaitu pukul 14:00 waktu Berlin. Untuk menemukan waktu yg cocok untuk melakukan chat, Tony melihat panduan jam dunia lalu menemukan hal di bawah ini:


Jam berapakah (waktu Sidney) Tony harus menghubungi mario?

Soal 12

Eko membuka sebuah buku. Ia membuka di bagian awal, halam sisi kiri adalah daftar isi lalu sisi kanan adalah halaman 1. Saat membuka di bagian lain, nomor halaman yg tampak sekiranya dijumlah hasilnya 185. Kemungkinan nomor halaman yg dimaksud adalah ....
A. Sisi kiri 90
B. Sisi kiri 92
C. Sisi kanan 89
D. Sisi kanan 91


Materi: Pola SPLDV

Soal 13

Pada peluncuran sebuah roket, tinggi $h$ meter roket setelah $t$ detik diluncurkan dinyatakan dengan $h=xt-yt^2$. 



Tinggi roket setelah 2 detik adalah 40 meter lalu tinggi setelah 3 detik adalah 45 meter. Tentukan:
a. Nilai $x$ lalu $y$
b. Tinggi roket setelah 5 detik


Demikianlah soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika SMP yg bisa kami bagikan. InsyaAlloh akan kami update. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar